Laman

Sabtu, 23 Agustus 2008

pencuri di kereta itu..

gerbong satu, nomer 5D tempat yang aku duduki di perjalanan dari jakarta ke jogja
tengah malam.. saat semua orang mulai terlelap di tengah perjalanan. hilir mudik pedagang meneriakkan dagangannya seraya berharap ada orang yang mau membeli. mulai dari pedagang pop mie, kopi panas, jahe hangat, dan koran untuk gelaaaran (koran yg di gunakan sebagai alas bagi penumpang yang ingin tidur di bawah)

aku ingat bapak, dengan kaos putih dan bertopi menawarkan koran bekas untuk gelaran ke setiap penumpang. bapak mungkin seharusnya sudah pensiun untuk pekerjaan yang satu ini. mengingat tubuh bapak yang sudah mulai menua. sejenak aku merasa kasihan dengan bapak.. dan seraya berdoa y Allah beri kesehatan dan rezeki kepada bapak itu...

tak lama bapk penjual koran bekas itu berlalu, sekitar duapuluh - duapuluh lima menitan. kereta yang kami tumpangi berhenti di tengah sawah. aku fikir hanya berhenti untuk menunggu giliran jalan. tak lama dari kami berhenti, terdengar teriakan maliing.. maling.. maling.. ku menoleh ke jendela. ada orang dengan pakaian putih loncat ke luar. aku hanya bertanya "ada apa y"..

maling?? siapa yg mau maling??
tak lama bapak yang duduk di belakangku berkata..
wahh... ada maling.. bapak2 yg tadi jual koran buat gelar, tadi yang pakai kaos warna putih.. ngambil tas perempuan di gerbong belakang...

y Tuhaann... benarkah bapak tadi yang aku doakan dalam hati itu.. pencuriii... ???
semongga Engkau menguatkan hati bapak tadi untuk tetap mencari rizkiMu dengan cara yang halal...

Tidak ada komentar: