Laman

Sabtu, 03 Oktober 2009

Mudik gratis ala PT Sido Muncul

Corporate social responsibility atau CSR adalah program kehumasan yang dilakukan banyak perusahaan besar. Dengan agenda mengadakan acara yang bersifat sosial. Salah satu perusahaan yang membuat program CSR adalah PT. Tolak Angin.

Dengan programnya: mudik gratis bagi pedagang jamu dan pedagang asongan yang secara serentak dilaksanakan pada, Selasa (15/09/09) pagi dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Cikampek, Cibinong, dan Cilegon. Keberangkatan dipusatkan di areal Parkir Barat PRJ Kemayoran. Mereka akan dilepas Menhub Jusman Syafii Djamal, Menakertrans Eman Suparno dan Gubernur DKI Fauzi Bowo ( http://www.kabarbisnis.com)

Tidak sedikit anggaran untuk program CSR ini, hal ini terlihat bahwa PT Sido Muncul dalam tahun 2008 mengeluarkan dana mencapai Rp 8 Milyar (http://www.kabarbisnis.com).

Meski harus mengeluarkan dana yang besar, kegiatan CSR adalah bentuk kepedulian prusahaan kepada masyarakat.Dengan demikian, melalui program CSR ini, maka secara tidak langsung perusahaan yang bersangkutan akan mendapat ruang di ingatan masyarakat.

Biasanya prodak-prodak yang mengadakan kegiatan CSR, yang kemudian di publikasikan melalui media akan mendapat perhatian masyarakat karena secara perlahan, publik akan mudah mengingat prodak yang bersangkutan.Maka, dengan itu banyak perusahaan yang menggunakan momen lebaran untuk mengadakan CSR.

NB: posting ini saya buat untuk tugas mata kul. Penulisan Public Relations

1 komentar:

pelangi anak mengatakan...

HALLOW...SALAM KENAL YAH.

SAYA SALUT BANGET PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MELAKSANAKAN PROGRAM CSR-NYA DENGAN BAIK DAN BENAR, TERMASUK PT. SIDO MUNCUL. ADA BANYAK CSR PROGRAM YANG DI-LAUNCHING PERUSAHAAN BESAR DI INDONESIA, TETEPI LEWAT ATAU KERJASAMA DENGAN LSM YANG 'TERKADANG' KORUP, SEHINGGA MANFAAT DARI PROGRAM CSR TERSEBUT KURANG BISA DINIKMATI OLEH TARGET GROUPS. YANG LEBIH BURUK LAGI, ADA PERUSAHAAN BESAR ATAU EXTRACTIVE YANG TIDAK MENGEMBANGKAN ATAU MEMILIKI PROGRAM CSR. MENURUT SAYA, YANG DEMIKIAN SANGATLAH KEJAM DAN MENGHISAB, SEHINGGA KEHADIRANNYA TIDAK ADA BAIKNYA KECUALI HANYA SEBGAI ALAT PENINDAS KAUM PEMODAL BESAR.

KITA, SEBAGAI MASYARAKAT LUAS, YANG SELALU MENJADI TARGET PASAR PRODUK PARA PERUSAHAAN BESAR, HARUS SEGERA MENYADARI DAN MENGAMBIL LANGKAH KONKRIT UNTUK MEMBERIKAN PENDIDIKAN PADA PERUSAHAAN BESAR YANG TIDAK MEMBERIKAN CSR KEPADA MASYARAKAT. KITA JANGAN MEMBELI LAGI PRODUK PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMILIKI PROGRAM CSR. KITA SEBENARNYA ADALAH ORANG-ORANG YANG BISA MENDIKTE ATAU MENGATUR MEREKA BUKAN SEBALIKNYA. KEBERSAMAAN KOMITMEN KITA AKAN BISA MEMBUAT DUNIA INI MEMILIKI SISTEM YANG LEBIH BAIK YANG BISA SALING MEMBERI DAN BERBAGI. YANG BISA SALING MENGUATKAN BUKAN SALING MEMERAS DAN MENINDAS. HINGGA KEMISKINAN BISA DIMINIMALISIR.