Visi
dan Misi
Visi : “Inspire the World, Create the
Future”
Misi : Perusahaan
Berbasis e-Digital
Solusi
Kreatif ; Teknologi Baru, Produk Baru
Kemitraan
Bakat
Tujuan
“Menjadi
pemimpin kreatif di pasar baru dan menjadi bisnis nomer satu yang benar-benar
maju”.
Resume
Sejarah
Singkat
Awalnya Samsung
merupakan perusahaan dagang yang bergerak dibidang ekspor berbagai produk dari
Korea Selatan ke Beijing (1938).
Baru di akhir tahun
1960-an, Lee Byung Chull (pendiri Samsung) mulai mengembangkan perusahaannya di
bidang elektronik diawali dengan membentuk divisi elektronik Samsung Electronik
Co Devices, Samsung Electro-Mechanics Co, Samsung Corning Co dan Samsung
Semiconductor & Telecommunications Co.
Demi untuk memperkokoh
perusahaannya, Samsung berinvestasi pada bidang penelitian dan pengembangan, diakhir
tahun 1980-an dan awal 1990-an.
Ini merupakan investasi penting bagi
Samsung untuk menjadi perusahaan global di
bidang industri elektronik. Investasi ini diikuti Samsung dengan pembangunan
pabrik di beberapa Negara seperti New York (1984), dan Tokyo (1985) serta
pembangunan fasilitas di Inggris dan Astin (1996).
Untuk mencapai
keinginannya sebagai perusahaan elektronik global, Samsung memiliki kesadaran
atas pengendalian kualitas. Hal ini dibuktikan pada tahun 1992 Samsung menjadi
produsen memori chip terbesar setelah intel.
Dua belas tahun
kemudian (2004-2005) Samsung berhasil mengungguli Sony sebagai merek yang paling populer di konsumen elektronik.
Atas keberhasilannya
ini, Samsung memiliki Filosofi yang masih dipegang hingga kini, yaitu “Mencurakhan bakat dan teknologi kami untuk
menciptakan produk unggulan dan jasa yang berkontribusi kepada masyarakat
global yang lebih baik”.
Sebagai pemain lama
disusul dengan munculnya perusahaan kompetitor dibidang elektronik khususnya phone seperti Apple
(1977), Samsung tergolong perusahaan yang dapat bertahan dan bersaing hingga
hari ini. Terlihat dari ramainya pasar elektronik oleh produk buatan Samsung.
Untuk dapat lebih
memahaminya, mari kita lihat visi dan missi dari Samsung. Apa yang diinginkan
dan apa yang dilakukan.
Solusi
Kreatif : Teknologi Baru, Produk Baru
Melihat sejarah dan semangat perusahaan Samsung yang
tertuang dalam visi misinya. Dapatlah dijelaskan bahwa Samsung telah konsisten
menjalankan misinya. Dimana solusi kreatif adalah penting. Contohnya adalah produk
smartTv yang dikeluarkan Samsung berhasil membangun brand image Samsung sebagai perusahaan elektronik yang inovatif,
terutama di Indonesia, dimana SmartTv milik Samsung lah yang diiklankan pertama
di siaran televisi Indonesia.
Untuk mendukung misi solusi kreatif, Samsung membuat
program Jaringan Research and Development (R&D) dimana fungsi utamanya
adalah melihat tren-tren teknologi lokal terbaru dan mewujudkan teknologi yang
menawarkan kentungan besar. Oleh sebab itu jaringan R&D didirikan dibanyak
Negara; empat pusat R&D di Korea dan
18 lainnya di Sembilan Negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Rusia,
Israel, India, Jepang, Cina.
Melalui jaringan R&D inilah Samsung terus memperbahari
produknya dengan memanfaatkan teknologi baru melalui kreatifitas dan
imajinatifitas. Salah satunya adalah kulkas android yang terintegrasi dengan OS
android dimana kulkas dapat mendeteksi tanggal kadaluarsa makanan, serta mampu
membuat catatan yang dapat dibaca oleh siapapun yang ingin membuka kulkas.
Kulkas pintar ini (Kulkas Samsung T9000) merupakan salah
satu bentuk implementasi misi yang dimiliki Samsung yaitu kreatifitas
mengembangkan teknologi yang original untuk membentuk tren baru di pasar.
Selain kreatifitas dan imajenitas, hal lain yang
diperhatikan oleh Samsung adalah kecepatan, dimana teknologi-teknologi baru
secara terus menerus diperkenalkan ke pasar. Sebagai contoh dimana kecepatan
menjadi sangat penting bagi Samsung untuk dapat bersaing adalah produk
Smartwatch.
Menurut beberapa artikel berita mengatakan bahwa konsep Smartwatch
pertama kali di kemukakan oleh perusahaan Apple.Inc, dengan terlebih dahulu
membuat paten nama iwatch. Namun Samsung telah lebih dulu memproduksi dan
mendistribusikan kepada pasar. Sehingga yang pertama keluar dipasaran adalah Smartwacth
dari Samsung.
Secara teknologi, Samsung dapat membuat desain sendiri, serta
memiliki kemampuan manufactur dan proses teknologi yang canggih. Bahkan
beberapa komponen iPhone merupakan perangkat yang dibuat oleh Samsung. Samsung
dikenal mampu memproduksi sendiri komponen Smartphone.
Bakat
Produk-produk dengan teknologi baru yang dikelarkan
Samsung melalui misi solusi kreatif tidak terlepas dari bakat karyawan yang
dimiliki Samsung. Tim yang terdiri dari para peneliti dan teknisi yang berbakat
dan handal.
Data yang dikeluarkan oleh situs Samsung menyebutkan
bahwa karyawan yang bekerja dipenelitian dan pengembangan berjumlah 42.000
orang, yang kesemuanya adalah karyawan yang diambil dari perekrutan bakat-bakat
hebat di tingkat lokal “Perusahan mencari
bakat cemerlang dari seluruh dunia dan memberikan sumberdaya yang mereka
butuhkan untuk menjadi yang terbaik atas apa yang mereka lakukan”.
Berkembangnya misi bakat ini dilakukan Samsung dengan
cara memberi kesempatan yang besar kepada karyawan untuk mencapai potensi yang
maksimal.
Kemitraan
Selain kreatifitas dan bakat, hal lain yang tercantum
dalam misi Samsung adalah mengenai Mitra Bisnis, dimana Samsung menjadikan
dirinya sebagai sebuah organisasi yang mendorong kerjasama diantara Mitra Bisnis
agar dapat bersaing dalam era digital saat ini. Mitra bisnis yang dipilih
Samsung antara lain;
Microsoft
dan Yahoo.
Bersama Microsoft, Samsung menjalin kemitraan
dalam hal pengembangan dan pemasaran OS
Windows Phone. Sedangkan dengan Yahoo,
bekerjasama melalui Internet TV Content
Service, layanan ini terdapat di televisi
layar datar Samsung yang memungkinkan konsumen menikmati konten digital.
Kesimpulan
Melihat sejarah dan visi misi yang dikembangkan Samsung,
menjadi relevan jika dilihat dengan agresifitas penjualan produk baru keluaran Samsung.
Dimana Samsung terus membanjiri pasar dengan update-update produk terbarunya.
Pada Maret 2011 di Singapura, Samsung memperkenalkan
puluhan perangkat digital terbaru dari kategori Home Entertainment, Fotografi, Perangkat Bergerak, Kompter, dan
Perangkat Rumah Tangga. Keadaan ini memperlihatkan konsistensi yang dilakukan Samsung,
dimana tiga misi Samsung : Solusi Kreatif (Teknologi Baru, Produk Baru), Bakat
dan Kemitraan telah membawa Samsung menjadi produk yang banyak menawarkan
varian produk dengan teknologi tinggi.
Ramuan misi ini telah membawa Samsung mengungguli iPhone
dalam hasil survey yang dilakukan oleh ACSI (Survei Cstomer Satisfaction Index) “iPhone telah tergusur oleh
model-model perangkat Android bikinan
Samsung. Posisi pertama dan kedua dalam ranking ACSI diduduki oleh Galaxy S III
dan Galaxy Note II yang mengumpulkan skor 84 (skala 100)”.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar